STANDAR KOMUNIKASI
A. Pengertian Standar Komunikasi
Standar Komunikasi adalah jaringan
telekomunikasi yang di rancang untuk melayani berbagai macam pengguna yang
menggunakan berbagai macam perangkat yang berasal dari vendor yang berbeda.
B. Standar Organisasi
1.
Internet
Engginering Task Force (IETF)
Internet Engginering Task Force (IETF) merupakan badan dunia yang menjadi
kunci di balik perkembangan internet yang bisa menggambil jalan demokratis,
terbuka, open standart, praktis dalam mengadopsi yang terbaik yang ada lapangan
yang lebih penting lagi IETF lebih cepat berkembang dan terkenal dalam
komunikasi data dan internet. Cukup masuk akal karena IETF memang besar bersama
internet dan protokol IP .
2.
International
Telecommunications Union (ITU)
International Telecommunications
Union (ITU) merupakan
tempat berkumpulnya para Regulator Telekomunikasi dan operator
telekomunikasi (termasuk Telkom, Telkomsel dan Indosat) yang secara tradisional
akan memilih jalur formal resmi dan sanggat top down.
3.
International
Standarts Organisation (ISO)
International Standarts Organisation
(ISO) merupakan sebuah badan multinasional yang di dirikan
tahun 1947 yang bernama International Standarts Organisation sebagai badan yang
melahirkan standar-standar aspek dengan model OSI. OSI adalah open
system interconnetion yang
merupakan himpunan protokol yang memungkinkan terhubungnya 2 sistem yang
berbeda yang berasal dari underlying archetictureyang berbeda pula.
4.
American
National Standards Institute (ANSI)
American National Standards
Institute (ANSI) merupakan
sebuah kelompok yang mendefinisikan standar Amerika Serikat untuk industri
pemrosesan informasi. ANSI berpartisipasi dalam mendefinisikan standar protokol
jaringan dan merepresentasikan Amerika Serikat dalam hubungannya dengan
badan-badan penentu standar International lain, misalnya ISO. Ansi adalah
organisasi sukarela yang terdiri atas anggota dari sektor usaha, pemerintah,
dan lain-lain yang mengkoordinasikan aktivitas yang berhubungan dengan standar,
dan memperkuat posisi Amerika Serikat dalam organisasi standar nasional. ANSI
membantu dalam hal komunikasi dan jaringan. ANSI adalah anggota IEC dan ISO.
5.
Electronic
Industries Association (EIA)
Electronic Industries
Association (EIA) merupakan organisasi perusahaan elektronik nasional Amerika
Serikat dan anggota asosiasi dagang ANSI. Komite TR30 bertanggung jawab untuk
pengembangan dan perawatan standar industri untuk antarmuka antara peralatan
pemrosesan data dan komunikasi data. Ini termasuk antarmuka 1 lapis, antarmuka
antara mesin pengguna dengan modem, konverter sinyal, kualitas pada antarmuka,
dan keceptan pensinyalan. Komite ini bertanggung jawab untuk pengembangan
antarmuka RS-232-C EIA yang merupakan standar industri sekarang (ini mirip dengan
antarmuka V.24 standar CCITT). Komite TR30 disajikan dalam Subkomite ANSI X3S3
dalam transmisi data.
6.
Federal
Communications Commision (FCC)
Federal Communications
Commision (FCC) merupakan
sebuah organisasi pemerintahan yang dibentuk oleh Federal
Communication Act pada tahun 1934 di
Amerika. Organisasi ini mempunyai hak pengaturan telekomunikasi meliputi radio,
video, telepon dan komunikasi satelit.
Kalau kalian ingin mencari materi TKJ lainnya bisa melihat di blog saya... Terimakasih☺️☺️
REFERENSI
:
https://wachidiskhak01.blogspot.com/2017/09/sekilas-standar-komunikasi.htmlDefinisi Standar Komunikasi Data dan Standar Organisasi
Pengertian OSI Layer
Beserta Kegunaan dan Cara Kerja OSI Layer
Pada
jaman dahulu sebelum terciptanya OSI, melakukan sebuah komunikasi pada jaringan
komputer tidaklah mudah sebab masing-masing vendor dan developer di masa itu
menggunakan protokol jaringan mereka masing-masing, sehingga menyulitkan
pengguna ketika akan melakukan pertukaran data dari suatu
komputer dengan komputer lain disebabkan karena protokol
jaringan yang dimiliki masing-masing komputer tersebut berbeda.
Melihat hal tersebut, pada tahun 1980-an badan
standarisasi internasional yaitu International Organization for Standardization (ISO) membuat
sebuah model referensi yang disebut OSI yang terdiri dari tujuh layer.
Setiap
layer memiliki perannya masing-masing sehingga disaat ini kita tidak perlu
khawatir mengenai masalah protokol komputer apa yang akan anda gunakan untuk
dapat berkomunikasi dengan teman anda. Untuk lebih jelas mengenai pengertian
OSI layer atau model OSI, tujuh layernya dan bagaimana cara kerjanya, simak
penjelesan berikut ini.
A. Pengertian
OSI Layer (Model OSI)
Open
System Interconnection atau
biasa disingkat OSI adalah sebuah
model referensi dalam bentuk kerangka konseptual yang mendefinisikan standar
koneksi untuk sebuah komputer.
Tujuan dibuatnya model referensi OSI ini
adalah agar menjadi rujukan untuk para vendor dan developer sehingga produk
atau software yang mereka buat dapat bersifat interporate, yang berarti dapat bekerja sama
dengan sistem atau produk lainnya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si
pengguna.
Ketujuh Layer pada Model OSI
Pada
prosesnya model OSI dibagi menjadi tujuh layer yang mana tiap layer tersebut
memiliki peran yang saling terkait antara layer diatas dengan layer yang
dibawahnya. Berikut ini penjelasan mengenai tujuh layer OSI.
1. Physical Layer
Physical
layer merupakan layer pertama atau yang terendah dari model OSI. Layer ini
bertanggung jawab untuk mentransmisikan bit data digital dari physical layer
perangkat pengirim (sumber) menuju ke physical layer perangkat penerima
(tujuan) melalui media komunikasi jaringan.
Pada
physical layer data ditransmisikan menggunakan jenis sinyal yang didukung oleh
media fisik, seperti tegangan listrik, kabel, frekuensi radio atau infrared
maupun cahaya biasa.
2. Data Link Layer
Data link layer bertanggung jawab untuk
memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi pada saat proses transmisi data dan
juga membungkus bit kedalam bentuk data frame. Data link layer juga mengelola
skema pengalamatan fisik seperti alamat MAC pada suatu jaringan. Data link
layer merupakan salah satu layer OSI yang cukup kompleks, oleh karena itu layer
ini kemudian dibagi lagi menjadi dua sublayer, yaitu layer Media Access Control (MAC)
dan Layer Logical Link Control (LLC).
Layer Media Access Control (MAC) bertanggung jawab untuk mengendalikan
bagaimana sebuah perangkat pada
suatu jaringan memperoleh akses ke medium dan izin untuk melakukan transmisi
data. Layer Logical Link Control (LLC)
bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan membungkus protokol network layer
dan mengontrol pemeriksaan kesalahan dan juga melakukan sinkronisasi pada
frame.
3. Network Layer
Network layer bertanggung jawab untuk menetapkan
jalur yang akan digunakan untuk melakukan transfer data antar perangkat di
dalam suatu jaringan. Router jaringan
beroperasi pada layer ini, yang mana juga menjadi fungsi utama pada layer
network dalam hal melakukan routing.
Routing memungkinkan paket dipindahkan antar
komputer yang terhubung satu sama lain. Untuk mendukung proses routing ini,
network layer menyimpan alamat logis seperti alamat IP untuk setiap perangkat
pada jaringan. Layer Network juga mengelola pemetaan antara alamat logikal dan
alamat fisik. Dalam jaringan IP, pemetaan ini dilakukan melalui Address Resolution Protocol(ARP).
4. Transport Layer
Transport
layer bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan antara dua atau lebih host
didalam jaringan. Transport layer juga menangani pemecahan dan penggabungan
pesan dan juga mengontrol kehandalan jalur koneksi yang diberikan. Protokol TCP
merupakan contoh yang paling sering digunakan pada transport layer.
5. Session Layer
Session layer bertanggung jawab untuk
mengendalikan sesi koneksi dialog seperti menetapkan, mengelola dan memutuskan
koneksi antar komputer. Untuk dapat membentuk sebuah sesi komunikasi,
session layer menggunakan sirkuit virtual yang dibuat oleh transport layer.
6. Presentation Layer
Presentation
layer bertanggung jawab untuk mendefinisikan sintaks yang digunakan host
jaringan untuk berkomunikasi. Presentation layer juga melakukan proses
enkripsi/ dekripsi informasi atau data sehingga mampu digunakan pada lapisan
aplikasi.
7. Application Layer
Application layer merupakan lapisan paling
atas dari model OSI dan bertanggung jawab untuk menyediakan sebuah interface antara
protokol jaringan dengan aplikasi yang ada pada komputer. Application layer
menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi, seperti menyediakan sebuah
interface untuk Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), telnet dan File Transfer Protocol(FTP). Pada bagian sinilah dimana aplikasi saling
terkait dengan jaringan.
Cara Kerja
OSI Layer
Proses berjalannya data dari suatu host ke
host lain pada sebuah jaringan terbilang cukup panjang, semua data tersebut
harus melalui setiap layer dari OSI untuk dapat sampai ke host tujuan. Contoh
misalnya ketika anda akan mengirimkan
sebuah email ke komputer lain pada sebuah jaringan komputer.
Proses
yang terjadi pertama adalah pada application layer, yaitu menyediakan program
aplikasi email yang akan digunakan untuk mengirim data ke komputer lain melalui
jaringan. Pada presentation layer email tersebut kemudian dikonversi menjadi
sebuah format jaringan. Kemudian pada session layer akan dibentuk sebuah sesi
perjalanan data tersebut dari mulai dibentuk hingga selesainya proses pengiriman. Pada transport layer data tersebut dipecah
menjadi bagian-bagian kecil lalu kemudian akan dikumpulkan kembali pada
transport layer si penerima. Pada network layer akan dibuatkan sebuah alamat
dan ditentukan jalan yang akan dilalui oleh data
tersebut untuk dapat sampai ke tujuan. Pada data link layer
data tersebut dibentuk menjadi sebuah frame dan alamat fisik dari perangkat
pengirim dan penerima akan di tetapkan. Kemudian pada layer terakhir physical layer mengirimkan data tersebut melalui
sebuah medium jaringan, menuju ke lapisan transport si penerima. Lalu kemudian
alur yang sama terjadi pada komputer tujuan namun dimulai dari layer paling
bawah (physical layer) hingga ke layer paling atas (application layer).
Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian
OSI layer dan bagaimana cara kerjanya. Memahami bagaimana layer OSI bekerja
dapat meningkatkan pemahaman anda mengenai bagaimana suatu jaringan komputer
bekerja dan protokol-protokol yang
bekerja didalamnya.
Jika kalian ingin mencari materi TKJ lainnya bisa lihat di blog saya.. Terimakasih☺️☺️
REFERENSI :
OSI Layer
Haiii gaisss! balik maning ning blog-ku😃
Piye kabare kanca-kancaku? hehe semoga apik apik wae yo
Nang kene aku pan mbahas apa hayoo? kepo deh kaya dora😋 .nga
Yak nang kene aku pan nyeritakna pengalaman POPDA aku wingi. Btw, Aku wingi melu cabang olahraga bola basket gaess h3h3.
Pertama tama, sedurunge popda dilaksanaken, yha sekitar seminggunan sedurung popda tepate dina Selasa, dewek setim latian khusus nggo mempersiapna popda. Nah, karna delat maning popda dewek kudu latian sing serius, tapi ana tetep bae ana sing ora mangkat latian hwhw. Trus, sing biasane dina Rabu ana latian tapi pas wingi kuwe laka, karna lapangan GOR e pan dinggo nggo popda. Dadi, dina Selasa wingi kuwe, latianne dewek sing terakhir sedurung popda :3
Selanjute, sedurung popda, mesti ana bae persyaratan sing kudu dikumpulna. Kayak Ijazah SD, KK, Rapot, Akte Kelahiran lan NISN. Sing kowe kudu ngerti, taun kie persyaratan popda ne lewat online, ribet ora kweh? ehe. Trus bar kuwe ana maning, dewek kudu nyamakna jerseyne. Karna tim basket putri olihe jersey gelap, akhire bingung. Bingung napa? hm yaiyalah bingung sebabe tim kelas 9 sing duwe jersey gelap setitik tok, yen kelas 8 mah ora masalah. Lan akhire dewek nggolet nggolet maring kelas 9,8, lan 7 sing ora melu popda. Yha Alhamdulillah, akhire olih kabeh jersey ne sing pas karo awak lan no punggunge beda.
Nah, hari sing ditunggu tunggu akhire tiba. Wah betapa deg degan nemen aku pas wingi. Yha walaupun ora pertama kali aku melu popda basket, karna sedurunge aku wis pernah melu popda taun wingi ehe. Tapi yaaa pimen yaa, arane be wong pan lomba yaa rasa deg-degan ya mesti ana●︿●. Aku lan kancaku lomba dina Sabtu, tanggal 24 Februari 2018. Dewek kumpul nang sekolah ndingin, mangkat seperti biasa, sebab dewek lombane jam setengah 9 nan. Nah, bar tadarus, dewek dikon kumpul karo Pembinane yaiku Pak Ropii. Dewek diwein ID Card nggo syarat wajib ben bisa melu lomba. Nah, bar kuwe, dewek mangkat sekitar jam stengah wolunan numpak Go-Car wehehe. Trus, sawise anjog nang GOR, ternyata lapangan basket sing nang njero GOR durung kebuka :3. Saking semangate jebule lapangane durung dibuka wkwk.
Sedurunge lombane dimule, dewek poto-poto dulu dong Ù©◔‿◔Û¶
Serampunge poto-poto ;3 dewek langsung dikon manjing maring lapangan. Bar kuwe dewek dikon pemanasan karo pelatih dewek yaiku Mas Indra. Sawise pemanasan, dewek dikon kumpul nggo ndonga lan tos penyemangat :3 wkwk.
Btw, dewek kuwe lawan SMP Ihsaniyah gaess. Nah, Pertandingan dimule, pemain tim 1 sing main ndingin. Bocah bocahe kuwi ana Arum, Liya, Hilda, Tyas, lan Lisa. J3ng-j3ng pertandingan dimule.
Btw, langsung bae akhiranne ya, soale pas kuwe aku klalen kejadianne hwhw. Pokoke, akeh nemen kejadian sing bisa nggawe dewek kezel karo pemain Ihsaniyah h3h3.
Yhaa, hasile pime? hmm aja takon wkwkwk. Jelas lahh menang, iyaa sing menang tim lawan gaess wkkakakak. Skore aku klalen yakin :v, pokoke dewek kalah telak wkwkwk.
Cukup semono bae ya, pengalaman aku pas POPDA. Yen ana sing tersinggung maape bae lah yaa ehe●‿●
Sampai Jumpa maning ing Blog-ku (≧◡≦)
Piye kabare kanca-kancaku? hehe semoga apik apik wae yo
Nang kene aku pan mbahas apa hayoo? kepo deh kaya dora😋 .nga
Yak nang kene aku pan nyeritakna pengalaman POPDA aku wingi. Btw, Aku wingi melu cabang olahraga bola basket gaess h3h3.
Pertama tama, sedurunge popda dilaksanaken, yha sekitar seminggunan sedurung popda tepate dina Selasa, dewek setim latian khusus nggo mempersiapna popda. Nah, karna delat maning popda dewek kudu latian sing serius, tapi ana tetep bae ana sing ora mangkat latian hwhw. Trus, sing biasane dina Rabu ana latian tapi pas wingi kuwe laka, karna lapangan GOR e pan dinggo nggo popda. Dadi, dina Selasa wingi kuwe, latianne dewek sing terakhir sedurung popda :3
Selanjute, sedurung popda, mesti ana bae persyaratan sing kudu dikumpulna. Kayak Ijazah SD, KK, Rapot, Akte Kelahiran lan NISN. Sing kowe kudu ngerti, taun kie persyaratan popda ne lewat online, ribet ora kweh? ehe. Trus bar kuwe ana maning, dewek kudu nyamakna jerseyne. Karna tim basket putri olihe jersey gelap, akhire bingung. Bingung napa? hm yaiyalah bingung sebabe tim kelas 9 sing duwe jersey gelap setitik tok, yen kelas 8 mah ora masalah. Lan akhire dewek nggolet nggolet maring kelas 9,8, lan 7 sing ora melu popda. Yha Alhamdulillah, akhire olih kabeh jersey ne sing pas karo awak lan no punggunge beda.
Nah, hari sing ditunggu tunggu akhire tiba. Wah betapa deg degan nemen aku pas wingi. Yha walaupun ora pertama kali aku melu popda basket, karna sedurunge aku wis pernah melu popda taun wingi ehe. Tapi yaaa pimen yaa, arane be wong pan lomba yaa rasa deg-degan ya mesti ana●︿●. Aku lan kancaku lomba dina Sabtu, tanggal 24 Februari 2018. Dewek kumpul nang sekolah ndingin, mangkat seperti biasa, sebab dewek lombane jam setengah 9 nan. Nah, bar tadarus, dewek dikon kumpul karo Pembinane yaiku Pak Ropii. Dewek diwein ID Card nggo syarat wajib ben bisa melu lomba. Nah, bar kuwe, dewek mangkat sekitar jam stengah wolunan numpak Go-Car wehehe. Trus, sawise anjog nang GOR, ternyata lapangan basket sing nang njero GOR durung kebuka :3. Saking semangate jebule lapangane durung dibuka wkwk.
Sedurunge lombane dimule, dewek poto-poto dulu dong Ù©◔‿◔Û¶
![]() |
hayoo aku sing ndi?? wkwk |
Serampunge poto-poto ;3 dewek langsung dikon manjing maring lapangan. Bar kuwe dewek dikon pemanasan karo pelatih dewek yaiku Mas Indra. Sawise pemanasan, dewek dikon kumpul nggo ndonga lan tos penyemangat :3 wkwk.
Btw, dewek kuwe lawan SMP Ihsaniyah gaess. Nah, Pertandingan dimule, pemain tim 1 sing main ndingin. Bocah bocahe kuwi ana Arum, Liya, Hilda, Tyas, lan Lisa. J3ng-j3ng pertandingan dimule.
Btw, langsung bae akhiranne ya, soale pas kuwe aku klalen kejadianne hwhw. Pokoke, akeh nemen kejadian sing bisa nggawe dewek kezel karo pemain Ihsaniyah h3h3.
Yhaa, hasile pime? hmm aja takon wkwkwk. Jelas lahh menang, iyaa sing menang tim lawan gaess wkkakakak. Skore aku klalen yakin :v, pokoke dewek kalah telak wkwkwk.
Sampai Jumpa maning ing Blog-ku (≧◡≦)
POPDA 2018
Sejarah Perkembangan Internet
Sejarahe internet kuwe dikembangana tahun 1969 karo Departemen Pertahanan Amerika Serikat sing pas kuwe lagi mbangun sebuah proyek sing diarani ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Tujuan saking proyek kuwe adalah kanggo kepentingan militer pertahanan AS nggo mecahna masalah komunikasi antar komputer nggo jarak adoh nggo nggunakna jaringan telepon. pas kuwe akeh sing nggawe jaringan komputer sing disebarna karo dihubungna nang daerah-daerah vital lan manfaat internet kuwe kanggo ngantisipasi angger ana serangan nuklir.
taun 1970, uwis luwih saking 10 komputer sing berhasil dihubungna siji karo sing liyane dadine bisa saling komunikasinan lan mbentuk sebuah jaringan. Taun 1972, Roy Tomlinson berhasil nyempurnana program e-mail sing diciptakna setaun sing mbiyen kanggo ARPANET. Program e-mail iki gampang nemen dadine bisa langsung dadi populer.
Pas taun sing pada, icon @ juga diperkenalna dadi lambang penting sing nunjukna "at" atau "pada". taun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangna maring luar Amerika Serikat. Komputer University College nang London adalah komputer kesiji sing ana nang luar Amerika sing dadi anggota jaringan Arpanet. Pas taun sing pada, loro wong ahli komputer yaiku Vinton Cerf lan Bob Kahn mempresentasikna sebuah gagasan sing luwih gede, sing dadi cikal bakal sejarahe internet. Ide iki dipresentasikna kanggo sing pertama kaline nang Universitas Sussex.
Dina bersejarah selanjute adalah tanggal 26 Maret 1976, pas Ratu Inggris berhasil ngirimna e-mail saking Royal Signals and Radar Establishment nang Malvern. Setaun berikute, wis luwih saking 100 komputer sing nggabung nang ARPANET mbentuk sebuah jaringan atau network. 1979, Tom Truscott, Jim Ellis lan Steve Bellovin, nggawe newsgroups kesiji sing diwein aran USENET. Taun 1981 France Telecom nggawe gebrakan kanggo ngluncurna telpon tv kesiji, nang ndi wong bisa saling nelpon sambil hubungan kanggo video link.
Taun 1990 yaiku taun sing paling bersejarah, pas Tim Berners Lee nemukna program editor karo browser sing bisa njelajah antar siji komputer karo komputer liyane, sing nggawe jaringan iku. Program iki sing disebut www, atau Worl Wide Web.
Taun 1992, komputer sing bsaling nyambung mbentuk jaringan sing wis lampau sejuta komputer, lan nang taun sing pada muncul istilah surfing the internet. Taun 1994, situs internet wis tumbuh dadi 3000 alamat halaman, lan sing kesiji kaline virtual-shopping atau e-retail muncul nang internet. Dunia langsung berubah. Nang taun sing pada Yahoo! didirikna, sing juga sekaligus lair Netscape Navigator 1.0